GEGABAH - EkookE

Terbaru

Kamis, 16 September 2021

GEGABAH


GEGABAH

Notasi Eko Budiyono
Guru Sekolah Dasar


Setiap malam Karjo selalu saja terbangun. Bukan karena tak bisa tidur, melainkan ulah si kucing liar. Kucing berbulu hitam yang selalu masuk rumah lewat ventilasinya. Memang ventilasi rumah Karjo di buat agak lebar, dengan tujuan agar udara bisa bertukar lebih leluasa. Namun, hal ini justru dimanfaatkan oleh kucing liar yang selalu mencuri makanan yang ada di meja makannya. 

Menyadari ventilasi terlalu lebar, akhirnya Karjo pun menutup dengan papan yang sedikit dimodifikasi. Tujuannya selain agar kucing hitam tak bisa masuk juga agar udara bisa keluar masuk dengan lancar. 

Namun, malam ini kucing hitam kembali masuk ke dalam rumah. Karjo bangun dan menghardiknya. Pening kepala sangat terasa atas ulah kucing hitam yang seolah tak ada kapoknya. Keesokan hari, kembali Karjo menutup ventilasi rumah dengan papan yang utuh. Jelas tak akan bisa lagi kucing itu masuk kembali ke dalam rumah, pikirnya. Pekerjaan pun selesai. Karjo terasa lega. 

Keesokannya, istri karjo teriak-teriak karena lauk ikan asin yang disimpannya habis tak tersisa. Karjo semakin bingung dan geram. Ventilasi dan semua jendelanya pun di paku dan ditutup paten dengan balok kayu. 

Kucing hitam yang suka membuat ulah, sedikit tertawa melihat Karjo merenovasi ventilasi setiap hari. 
Kucing kecil, teman si kucing hitam pun bertanya. 
"Sebenarnya, seberapa kecil badanmu sih, kok bisa masuk rumah Karjo ini?" tanya si kucing kecil. 
Kucing hitam menjawab,
"Sebenarnya ini rahasiaku. Karjo menutup ventilasinya dengan besi pun, aku masih bisa masuk. Selama Karjo tidak menutup pintu kandang ayamnya."

Pembelajaran hari ini:
Analisa masalah terlebih dahulu sebelum bertindak. 
Selain itu, hati-hatilah dalam menganalisa suatu masalah sebelum kerugian besar bertambah. 

Semoga bermanfaat.
Salam literasi! (eb) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar