Wujudkan Visi Dengan Literasi - EkookE

Terbaru

Rabu, 22 Desember 2021

Wujudkan Visi Dengan Literasi

WUJUDKAN VISI DENGAN LITERASI

Notasi Eko Budiyono
Guru SD

Sebenarnya hari ini (20/12), sudah memasuki hari libur bagi peserta didik pada akhir semester gasal. Namun, anak-anak lebih memilih untuk masuk sekolah sekaligus mengumpulkan rapor. Suatu kebanggaan bagi saya atas inisiatif dan kesadaran mereka yang bagus ini. 

Tak hanya ingin mengembalikan rapor belaka. Ternyata, mereka kembali menyampaikan ide yang sangat luar biasa. Mengingat dua hari lagi kita akan memperingati Hari Ibu, mereka menginisiasi untuk membuat puisi. Tentu, puisi yang dibuat erat kaitannya dengan perjuangan seorang ibu. Hal ini merupakan gagasan tergila menurutku. Mengapa? Karena diusia mereka yang masih seumur jagung, namun sudah memikirkan untuk hal sajauh itu. Bahkan ide yang lebih gila lagi, mereka akan mengumpulkan puisi-puisinya untuk dibukukan. Mereka itu baru kelas enam SD loh! Keren kan? 

Usut punya usut, mengapa mereka ingin membukukan puisi hasil karyanya? Ternyata mereka ingin mendukung untuk mewujudkan visi misi di SD Negeri 2 Ngarap-arap Ngaringan Grobogan. Karena visi utama dari sekolahnya itu adalah menjadikan peserta didik yang literat, selain berprestasi, beriman, dan bertaqwa. Sungguh kebanggaan tersendiri bagi saya dan tenaga pendidik lainnya atas inisiasi ini. 

Apresiasi tak cukup dengan ucapan terima kasih belaka. Sebagai guru kelas enam, saya pun ikut membuat puisi pula. Bahkan, hasil karya saya juga diminta untuk dibacakan di depan kelas. Selanjutnya, secara bergantian mereka pun membacanya dengan penjiwaan yang sangat memukau. 

Semoga, usaha dalam mengenalkan literasi sejak dini bisa mengilhami. Selanjutnya, kepekaan dan kesadaran akan rendahnya literasi selama ini bisa diatasi. Tentunya dari karya-karya mereka yang selalu kita nanti. Harapannya kita tak akan krisis lagi dengan yang namanya literasi. (eb) 

Ngarap-arap, 21 Desember 2021
Tagur 365#4


http://ekobudiyono151738.gurusiana.id/article/2021/12/wujudkan-visi-dengan-literasi-104223


Tidak ada komentar:

Posting Komentar