Pramuka SDN 1 dan 2 Truwolu Peringati Hari Baden Powell dengan Aksi Lingkungan - EkookE

Terbaru

Kamis, 22 Februari 2024

Pramuka SDN 1 dan 2 Truwolu Peringati Hari Baden Powell dengan Aksi Lingkungan


Truwolu, 22 Februari 2024 - Memperingati hari Baden Powell yang jatuh pada tanggal 22 Februari, pembina dan anggota Pramuka pangkalan SDN 1 dan 2 Truwolu turut serta dalam aksi kebersihan lingkungan dan pencabutan paku di pohon sekitar sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk merespons kebutuhan akan lingkungan yang bersih serta mengatasi dampak pasca pemilu. Salah satu dampak negatifnya adalah masih banyak paku-paku yang tertinggal di pepohonan akibat dari bekas penempelan Alat Peraga Kampanye (APK) yang sangat memprihatinkan. Paku-paku masih tertancap dan seolah ditinggalkan begitu saja oleh oknum calon legislatif yang tidak bertanggung jawab. Sehingga membuat anggota Pramuka di dua pangkalan ini tergerak hatinya untuk membersihkan dan mencabutnya.

Gambar 1. Penyampaian tujuan sekaligus persiapan pelaksanaan kegiatan oleh Kamabigus.

Sebanyak 370 anggota Pramuka dari golongan siaga dan penggalang serta didampingi oleh 20 pembina dari dua pangkalan turut serta dalam kegiatan ini. Aksi yang dimulai pukul 07.30 hingga pukul 09.00 WIB, berjalan dengan lancar berkat arahan dari Kamabigus pangkalan SDN 1 dan 2 Truwolu, Kak Eko Budiyono yang berdedikasi sebagai seorang Pramuka. Sebelum kegiatan ini dilakukan, Kak Eko berpesan kepada anggota Pramuka untuk selalu menjaga kebersihan dan peduli akan lingkungan sekitar. Salah satu aksi nyata terhadap kepedulian tersebut ditandai dengan kebersihan lingkungan sekolah serta aksi cabut paku oleh anggota dan pembina Pramuka.
Gambar 2 dan 3. Aksi cabut paku di pohon.

Harapannya, kegiatan semacam ini dapat menginspirasi anggota Pramuka di pangkalan SDN 1 dan 2 Truwolu untuk selalu peduli terhadap lingkungan serta meningkatkan pemahaman akan pentingnya menjaga kehidupan bagi sesama makhluk hidup di sekitarnya. Aksi ini juga sesuai dengan Dharma Pramuka kedua yang mengajarkan akan pentingnya mencintai alam dan kasih sayang sesama manusia.
Gambar 4. Aksi kebersihan lingkungan pangkalan.

Semoga cita-cita mulia untuk selalu menjaga kelestarian alam dan cinta lingkungan bisa terwujud melalui gerakan yang baru saja dilakukan oleh anggota dan pembina Pramuka pagi ini. Karena dengan aksi nyata, maka anggota Pramuka akan merasakan langsung pentingnya lingkungan yang sehat dan mengajarkan cinta alam untuk sesama demi keberlangsungan kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. (HMSKWRNNGRN/EB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar