Pemberian Obat Cacing Massal di SDN 1 dan 2 Truwolu - EkookE

Terbaru

Selasa, 05 Maret 2024

Pemberian Obat Cacing Massal di SDN 1 dan 2 Truwolu



Truwolu-Salah satu program pemerintah dalam dunia kesehatan bagi anak adalah Pemberian Obat Cacing. Hal ini didasari atas sanitasi lingkungan yang buruk, kebiasaan BAB sembarangan, tidak memotong kuku, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki, dan personal hygiene yang tidak bersih dan sehat.  Atas dasar tersebut, maka program ini menjadi hal yang wajib dilaksanakan. Adapun pelaksana yang bertanggungjawab atas kegiatan ini adalah Puskesmas setempat.
Minum obat cacing bersama anak kelas satu SDN 1 Truwolu (Foto Dok. Pribadi)

Hari ini, Selasa (5/3), bertempat di ruang kelas masing-masing sekolah yakni SDN 1 dan 2 Truwolu petugas kesehatan dari Puskesmas Ngaringan memberikan obat cacing kepada semua anak-anak. Bahkan, mereka meminta kepada anak-anak untuk langsung meminum obat tersebut. Rasanya yang manis dan sedikit asam, membuat anak-anak tidak terlalu susah untuk meminumnya, bahkan rerata mereka langsung mengunyahnya tanpa dibarengi air minum. Hebat bukan?
Memastikan obat dikunyah dan di telan oleh anak-anak SDN 2 Truwolu (Foto Dok. Pribadi)

Di tempat terpisah, Kepala Puskesmas Ngaringan, Surami SKM, Selasa (5/3) mengatakan, pemberian obat cacing ini dilaksanakan di Posyandu, PAUD, TK/RA dan SD/MI yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ngaringan Kabupaten Grobogan. Surami juga menyampaikan, idealnya pemberian obat cacing dilakukan satu tahun dua kali atau enam bulan sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit cacingan pada anak usia sekolah dan prasekolah. Puskesmas Ngaringan telah melaksanakan kegiatan Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) atau lebih di kenal dengan mengkonsumsi Obat Cacing enam bulan sekali dengan sasaran seluruh siswa mulai dari kelas satu sampai enam. Sebelum pendistribusian obat petugas terlebih dahulu menjelaskan manfaat dan cara mengkonsumsi obat cacing tersebut. 

Harapannya, program dan kegiatan pemberian obat cacing ini bisa mengobati dan mencegah cacingan pada anak-anak yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi dan cacing cambuk yang dapat menghambat pertumbuhannya. (EB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar